Selasa, 12 Oktober 2010

Kisah Tempayan Retak

Bismillahirrahmanirrahim

‎Cerita bijak dr negeri di atas angin , sebagai bahan renungan :

Sumber: chat BBM Management Ladies FEUI

Seorang ibu di Cina yang sdh tua memiliki 2 buah tempayan yg digunakan utk mencari air, tempayan yg dipikul di pundak dgn menggunakan sebatang bambu. Salah satu dr tempayan itu retak, sedangkan yg satunya tanpa cela dan selalu memuat air hingga penuh.

Setibanya di rumah setelah menempuh perjalanan panjang dr sungai, air di tempayan yg retak tinggal separuh. Selama 2 tahun hal ini berlangsung setiap hari, dimana ibu itu membawa pulang air hanya satu setengah tempayan.

Tentunya si tempayan yg utuh sangat bangga akan pencapaiannya. Namun tempayan yg retak merasa malu akan kekurangannya dan sedih sebab hanya bisa memenuhi setengah dari kewajibannya.

Setelah 2 tahun yg dianggapnya sebagai kegagalan, akhirnya tempayan retak berbicara kepada ibu tua itu di dekat sungai. "Aku malu, sebab air bocor melalui bagian tubuhku yg retak di sepanjang jalan menuju ke rumahmu."

Ibu itu tersenyum, "Tidakkah kau lihat bunga beraneka warna di jalur yg kau lalui, namun tidak ada di jalur yg satunya? Aku sudah tahu kekuranganmu, jadi aku menabur benih bunga di jalurmu & setiap hari dlm perjalanan pulang kau menyirami benih-benih itu. Selama 2 tahun aku bs memetik bunga-bunga cantik untuk menghias meja. Kalau kau tidak seperti itu, maka rumah ini tdk seasri seperti ini sebab tdk ada bunga."

Kita semua mempunyai kekurangan masing-masing.

Namun keretakan & kekurangan itulah yg menjadikan hidup kita bersama menjadi menyenangkan & memuaskan.

Kita harus menerima setiap orang apa adanya & mencari yg terbaik dalam diri mereka, termasuk teman dan pasangan kita.

Rekan-rekan sesama tempayan yg retak, semoga hari kalian menyenangkan. Jangan lupa mencium wanginya bunga-bunga di jalur kalian.


-wallahu'alam bishshowwab-
Powered by Telkomsel BlackBerry®

10 komentar:

  1. whua..nice posting bun..*ngerasa jadi tempayan retak..

    BalasHapus
  2. tfs bund..... like a b'fast for this morning... :)

    BalasHapus
  3. like this bun...stiap qta pasti memiliki kekurangan,tp jgn sampe qta t'puruk dg kekurangan itu.gali kelebihan n potensi yg qta miliki utk hdp yg lbh baik.. :)

    BalasHapus
  4. sama nih Ambu, aku juga tempayan yang retak...

    BalasHapus
  5. sama-ama mom, semoga bermanfaat yah sarapannya :)

    BalasHapus
  6. setuju, insya Allah ya Bundaa...:)

    BalasHapus
  7. laaah komennya kagak nyambunggggg :P, hehe ini sekalian coba caranya kaklist :), berhubung kalo ngetik di hape, pake opera mobile udah ngetik capek eh kagak bisa, dicoba pake pushmail eh bisa ternyata...:D

    BalasHapus
  8. bagus mba... nice share... *tempayan bocor*

    BalasHapus
  9. @mama bintang: wah sama aku juga nih: tempayan bocor :)

    BalasHapus